Perkembangan Komputer Zaman Dahulu dan Zaman Sekarang

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
Komputer terus berkembang dari zaman ke zaman,waktu ke waktu dan generasi ke generasi. Komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala,dimana proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik (mechanical) maupun elektronik (electronic).
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak se-kecil, se-canggih, se-keren dan se-praktis sekarang. Lantas,apa yang menyebabkan hal tersebut? Mengapa hal itu bisa terjadi? Apa yang menyebabkan perbedaan komputer pada zaman dahulu dan komputer zaman sekarang?

Berikut ulasan mengenai perbedaan komputer zaman dahulu dan komputer zaman sekarang:
  • Bahan Penyusun



Komputer zaman dahulu yaitu komputer generasi pertama masih menggunakan bahan-bahan yang besar,karena belum ditemukan nya microchip. Penggunaan bahan-bahan yang besar yang dimaksud adalah  penggunaan tabung vakum dan penyimpanannya masih menggunakan tabung silinder magnetik, Seiring perkembangan zaman,komputer di generasi selanjutnya sudah menggunakan Integrated Circuits (IC) yang mana merupakan teknologi baru dari generasi ketiga seperti halnya transistor pada generasi kedua merupakan satu rangkaian elektronik lengkap dalam satu chip silikon yang kecil. Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Dan komputer zaman sekarang sudah menggunakan media penyimpanan harddisk.
  • Kegunaan

Komputer zaman dahulu digunakan hanya untuk sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung (aritmatik) dan juga digunakan untuk militer yaitu memecahkan kode-kode rahasia saat perang dunia. Namun seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna (multifungsi) seperti robot ,penggunaan untuk pembelajaran(pendidikan),bisnis online dan khususnya pada bidang industri dan penelitian.
  • Biaya

Komputer zaman dahulu menggunakan bahan-bahan yang besar dan banyak,maka biaya yang dibutuhkan tentu lebih besar. Sedangkan komputer zaman sekarang lebih murah karena hanya menggunakan microchip.
  •    Daya

Karena bahan penyusun komputer zaman dahulu lebih besar maka memerlukan daya voltage yang lebih besar. Sedangkan komputer zaman sekarang,bahannya lebih kecil jadi tidak membutuhkan daya voltage yang lebih besar.
Kekuatan daya komputer zaman dahulu umumnya memiliki daya power supply antara 200 hingga 250 watt sedangkan kekuatan daya komputer zaman sekarang kurang dari 250 watt. Lebih kecil daya nya dikarenakan bahannya penyusunnya yang kecil.
  •  Ketahanan

Komputer zaman dahulu lebih memiliki ketahanan yang lebih kuat karena komputer digunakan untuk kemiliteran,sedangkan komputer zaman sekarang karena lebih kecil jadi lebih rentan kerusakan.
  • SO(Sistem Operasi)

      Komputer zaman dahulu menggunakan sistem operasi MS-DOS (Microsoft Disk Operating Sysem),sedangkan komputer zaman sekarang sudah menggunakan berbagai sistem operasi yaitu Windows,Linux,Ubuntu,dan lainnya.
  • Kecepatan


Komputer zaman dahulu kecepatan dalam mengakses data lebih lambat karena komponen-komponennya belum mendukung,sedangkan komputer zaman sekarang sudah modern sehingga lebih cepat mengakses data karena sudah banyak komponen yang mendukung dan sudah dimutahirkan.
  • Keamanan

Komputer zaman dahulu dapat dikatakan lebih aman karena untuk menyimpan data dan selain itu untuk memecahkan kode militer. Komputer zaman dahulu belum ditemukannya  virus. Dibandingkan dengan sekarang sudah banyak ditemukan virus dan penjahat komputer yaitu kejahatan di dunia maya seperti hacker cracker. Walaupun begitu masih tetap lebih aman sekarang karena sudah ditemukannya teknologi yang dapat menghalangi kejahatan dunia maya.
  • Cara Pembuatan
Komputer zaman dahulu pembuatannya masih menggunakan tenaga manusia,sehingga pembuatannya relatif lebih lambat dan memakan waktu yang lama. Sedangkan sekarang,pembuatan komputer sudah menggunakan teknologi robot dan mesin modern yang lebih canggih.

  • Jenis data yang diolah

Komputer generasi pertama masih menggunakan jenis data 1 bit yang merupakan jenis bahasa mesin. Bahasa mesin adalah bahasa yang berisi kode-kode mesin yang hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer.
Bahasa ini merupakan bahasa level terendah dan berupa kode biner: 0 dan 1. Sedangkan sekarang, jenis data komputer yang digunakan merupakan bahasa tingkat tinggi/bahasa pemprograman seperti Pascal, C++ , Java,dan lain-lain.

  • Pengoperasian

Komputer zaman dahulu pengoperasiannya masih menggunakan lebih dari 2 orang karena komponen yang digunakan lebih besar dan terpisah maka membutuhkan banyak tenaga untuk mengoperasikannya. Dibandingkan dengan sekarang,cukup menggunakan 1 orang saja karena komponennya lebih kecil.

Ulasan diatas bisa menjadi wawasan kita bersama mengenai perbedaan komputer zaman dahulu dan zaman sekarang.


Komentar

  1. Semakin maju komputer semakin canggih, perkembangannya juga sangat cepat. Dulu ga kebanyang bakal ada layar sentuh, sekarang semua serba layar sentuh.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar